Imigrasi Cilacap Ikuti Penguatan dan Pembinaan SIPP

    Imigrasi Cilacap Ikuti Penguatan dan Pembinaan SIPP

    *Imigrasi Cilacap Ikuti  Penguatan dan Pembinaan SIPP*

    Cilacap – Imigrasi Cilacap ikuti kegiatan zoom meeting berkaitan dengan Penguatan dan Pembinaan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), Kamis (6/7).Kegiatan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Tengah setelah menerima arahan dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal. 

    Kegiatan diikuti oleh seluruh UPT Kemenkumham di Jawa Tengah sebagai pengelola SIPP. Perwakilan dari Imigrasi Cilacap yang mengikuti kegiatan diantaranya Kepala Kantor, Pejabat Struktural, dan pegawai yang bertanggung jawab mengelola aplikasi SIPP. 

    Membuka kegiatan, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang menyampaikan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) adalah layanan informasi publik satu pintu yang berupa aplikasi berbasis website dan dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah, cepat, akurat dan akuntabel.
    “Tujuan SIPP adalah terwujudnya pengawasan dan partisipasi masyarakat yang efektif, terwujudnya keterpaduan informasi pelayanan publik, dan tercegahnya penyalahgunaan kewenangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, ” ujar Hantor.
     “Karena tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yaitu memperoleh informasi yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, pelayanan publik yang transparan dan berkualitas, serta pelayanan publik yang sesuai dengan harapan, ” tambahnya.
    Salah satu narasumber, yaitu Analis Hukum Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Yellis menjelaskan SIPP bertujuan agar penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
    “Pengelolaan pengaduan pelayanan publik merupakan salah satu wujud komitmen pimpinan dalam mendukung prinsip pemerintahan terbuka untuk peningkatan kualitas Pelayanan Publik, ” pungkas Yellis.
    Kegiatan berjalan interaktif dengan adanya diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan para peserta. Melalui kegiatan ini, diharapkan adanya keseragaman dalam penginputan jenis layanan ke dalam aplikasi SIPP. Lalu pengaduan dan aspirasi dari masyarakat dapat tersampaikan dan ditindaklanjuti dengan cepat.

    Agus Agnan

    Agus Agnan

    Artikel Sebelumnya

    Wujudkan Integrasi Sistem Informasi Pelayanan...

    Artikel Berikutnya

    Pembina apel pagi, Ingatkan untuk tertib...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Dispenad Nobatkan Pendam V/Brawijaya Sebagai Satuan Penerangan Terbaik Tahun 2024
    Apel Komandan Satuan Jajaran TNI Angkatan Udara 2024, Lanud Sultan Hasanuddin Terima Penghargaan Zona Integritas
    Kepala Bakamla RI Pimpin Makan Siang Bergizi Terhadap 2.500 siswa/i sekolah di seluruh Indonesia
    Satgas MTF XXVIII/ UNIFIL Raih Penghargaan LAF Medal Di Penghujung Masa Baktinya
    Prabowo Subianto Hadir untuk Indonesia Sebagai Anti Klimaks dari Jokowi

    Ikuti Kami